Sabtu, 03 Maret 2012

Riftwar Saga - Magician : Apprentice

by Raymond E Feist

Sinopsis : Kota Crydee yang dipimpin oleh seorang Duke mengadakan pemilihan anak-anak remaja untuk dijadikan prajurit setiap tahun. Anak-anak itu akan berguru pada Ahlinya masing-masing. Ada ahli pedang bernama Fannon, Ahli kuda Algon, dll. Tomas dan Pug pun mengikuti pemilihan tersebut dan Fannon memilih Tomas sebagai muridnya.


Awalnya tidak ada yang mau menerima Pug sebagai muridnya, namun ketika acara pemilihan ini akan ditutup, tiba-tiba sang penasihat kerajaan, Kulgan meminta Pug untuk menjadi muridnya. Duke pun menyetujui dan akhirnya Pug pun berguru kepada Kulgan sang ahli Sihir alias Penyihir.

Walaupun Pug dengan tekun mempelajari ilmu sihir tetapi ilmu sihir yang telah dia pelajari itu seperti menolak cara Pug merapalkan mantra-mantranya. Hingga suatu ketika, saat Sang Putri Duke (bernama Carline) meminta Pug menemaninya berkuda, Pug berhasil merapalkan mantra sihirnya yang berbeda dengan cara gurunya, Kulgan. Pug membuat dua Troll menghembuskan nafas terakhirnya untuk melindungi sang Putri. Dan akhirnya timbullah perasaan cinta Sang Putri kepada Pug (padahal tadinya Sang Putri menganggap Pug sebagai budak semata). Akhirnya Pug diangkat oleh Duke Borric conDoin sebagai anggota kerajaan bergelar Squire.

Keanehan terjadi di Crydee. Dimulai ketika Pug dan Tomas berlarian ke Ratapan Pelaut (yang aku anggap Pantai ke laut lepas) ingin melihat bangkai kapal yang karam. Mereka melihat dua awak kapalnya yang tergeletak di lantai kapal. Awak kapal itu berpakaian aneh, seaneh isi dalam kapal tersebut. Sampai akhirnya kapal itu tenggelam, tetapi ada seorang awak kapal yang selamat tetapi ketakutan saat melihat anggota kerajaan yang lain berdatangan. Lalu seorang pendeta (juga penasihat) kerajaan yang mempunyai ilmu sihir berkontak pikiran dengan awak kapal tersebut. Dan mengetahui bahwa mereka (awak kapal dan teman-temannya, serta kapalnya) datang dari dunia yang berbeda, kaum mereka bernama Tsurani. Mereka sampai ke Crydee akibat mantra seorang penyihir (disebut Yang Agung oleh kau Tsurani) yang sedang dalam keadaan terdesak oleh badai yang menghantam kapalnya.

Anggota kerajaan tau akan kerajaannya yang dalam bahaya. Akhirnya beberapa anggota kerajaan (termasuk Pug dan Tomas) melakukan perjalanan ke Kerajaan Rillanon. Tempat raja mereka (karena Duke itu hanya seperti Gubernur yang memerintah wilayah Crydee). Awalnya mereka berjalan ke Menara Kelabu dan Gunung Batu untuk bertemu Dwarf. Di perjalanan mereka bertemu Persaudaraan Jalan Sesat atau Dark Elf atau Moredhel. Sekilas seperti Elf tetapi mereka jahat, mereka berteman dengan goblin, dan membenci Elf. Awalnya pasukan kerajaan yang ikut mencapai 30an orang sesampainya di Menara Kelabu, hanya tinggal 10an orang. Mereka bertemu rombongan Dwarf yang sedang berjaga wilayah. Pemimpin Dwarfnya bernama Dolgan.

Mereka sampai di kaki Menara Kelabu dan hendak memasuki tambang (berupa lorong2 panjang berliku seperti labirin didalam gunung) -well, ini yang paling keren menurutku- Di lorong ini Pug dan rombongannya bertemu Iblis bernama Wrait hingga Tomas terpisah dari rombongan dan bertemu Sang Naga (Rhuagh). Karena Dolgan merasa rombongan Pug sudah keluar dari tambang hingga selamat, dia pun memasuki tambang kembali untuk menjemput Tomas. Dolgan dan Tomas menyaksikan saat Rhuagh mati dengan tanpa meninggalkan tulang belulang pun gara-gara sentuhan tongkat milik Macros. Dolgan membawa Palu Dwarf yang dihadiahi oleh Naga Rhuagh sebelum meninggal. Dan Tomas dihadiahi Baju perang emas (yang akhirnya membuat Wrait ketakutan).

Pug dan rombongannya melanjutkan perjalanan hingga Kaum Tsurani telah bertindak menyerang segala sisi untuk menundukkan wilayah. Dan akhirnya Pug tertangkap oleh kaum Tsurani -kisah Pug hanya sampai sini di Buku Satu (Magician Apprentice)-  notworthy



Tomas memimpin pasukan Dwarf menyerang kaum Tsurani (yang belakangan diketahui mengincar tambang logam milik Dwarf) hingga kaum Dwarf hampir mengalami kekalahan sesaat sebelumnya di tolong oleh pasukan Elf -bayanganku yaa ke Legolas  inlove-. (Kisah Tomas selesai sampai disini di Buku Satu : Magician Apprentice.  notworthy


Lalu Kaum Tsurani ini menyerang Crydee yang saat itu pasukannya dipimpin oleh Pangeran Arutha (putra kedua Duke Borric conDoin). Bayangkan, mereka bertarung hanya di malam hari selama hampir satu tahun. Lalu Crydee hampir mengalami kekalahan karena terpaku oleh serangan Kaum Tsurani yang hanya menyerang bagian depan tembok istana. Rupanya Kaum Tsurani ini membagi serangan ke bawah tanah menuju ruang bawah tanah istana. Untungnya penjagaan istana sangat ketat. Mereka hampir kecolongan, lalu secercah harapan timbul karena Pangeran Arutha melihat armada kapal yang berasal dari daerah lain mengirim bantuan pasukan  

-cerita bersambung ke Buku Dua --> Magician Master-


greget emank pas baca, penasaran ama keadaan Pug.

tapi  clap untuk Raymond E. Feist sang pengarang, telah mengingatkan daku kepada The Lord Of The Rings tetapi menyuguhkan cerita yang benar-benar berbeda.
Bener-bener nungguin kelanjutan cerita ini  ngoceh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar